Skip to content

4 Faktor Perkembangan Pesat Robotic

4 Faktor Perkembangan Pesat Robotic – Beberapa dekade yang lalu, pembicaraan tentang robot pekerja terasa jauh dari harapan. Banyak sekali misteri yang harus dipecahkan sebelum keahlian robot dapat menggantikan tenaga manusia. Selain itu, ada pula hambatan besar dalam penelitiannya, mengingat harga alat komputer yang cukup tinggi. Siapa sangka perkembangan jaman justru membuka jalan untuk robotic masa depan?

1. Harga Yang Semakin Terjangkau
Faktor utama penyebab terhambatnya perkembangan teknologi robotic adalah tingginya harga material yang dibutuhkan. Namun demikian, permintaan yang tinggi membuat produsen mampu menawarkan kebutuhan tersebut dengan harga lebih rendah. Kabar baiknya, penurunan harga ini berlaku tak hanya pada material standar, tapi juga teknologi sensor.

Sebagai contoh,teknologi sensor sekarang sudah bisa ditemukan pada ponsel pintar. Dulunya, teknologi ini bernilai ratusan dolar. Ada pula sensor yang berfungsi untuk mengolah data berdasarkan penekanan kata kunci dan lokasi. Walaupun di bidang hiburan belum memerlukan ini, tetapi bidang komersial lainnya jelas membutuhkan.

2. Perkembangan Sumber Terbuka
Dalam pengembangan robotic, satu pekerjaan yang paling memakan waktu adalah membuat sistem operasi. Untungnya pada tahun 2009, sebuah standar operasi sistem untuk robotic diperkenalkan kepada publik. Sistem Operasi ini disebut ROS (Robotic Operating System). Tak hanya membantu para pengembang, sistem ini dapat diakses tanpa biaya dan bisa dikreasikan sesuai kebutuhan.

Untuk melengkapi kombinasi ini, ada pula sebuah simulator sistem robotic yang disebut Gazebo. Setelah si pengembang berhasil membuat robotic mereka masing masing, Gazebo akan menilai seberapa efektif robot ini akan bekerja nantinya.

3. Pesatnya Perkembangan Prototipe Lain
Perkembangan robotic tidak hanya berhenti pada pembuatan sistem dan pengecekan ulang saja. Sebuah hasil cetak tiga dimensi juga harus dibuat, agar memudahkan para konsumen melihat apa yang akan mereka beli. Bila dulu para pengembang harus mengantri untuk mencetak model 3D untuk robotic, sekarang mereka bisa melakukannya dari meja kerja masing masing.

Ya, prototipe printer 3D sudah ada sejak lama dan disempurnakan seiring perkembangan robotic. Tak hanya sekedar mencetak model, printer 3D versi terbaharui juga mampu mengkombinasikan bahan bahan dasar yang diminta.

4. Tersedianya Fitur Pelengkap
Masing masing pengembang robotic memiliki idealisme masing masing. Namun demikian, hal mendasar yang umum ditemukan pada robotic juga termasuk pengenal suara dan objek. Dalam hal ini, perusahaan permainan online mempunyai sumbangsih yang cukup besar dengan sensor 3D miliknya.

Guna mendukung robotic berkembang ke arah automatisasi, perusahaan besar seperti Google, Amazon, bahkan Apple terus bekerja keras. Tujuan mereka adalah membuat Kecerdasan Buatan yang mampu beroperasi secara online maupun offline.

Jika sebelumnya robotic menemukan banyak halangan, maka perkembangan pesat teknologi memberikan jalan tolnya. Dengan biaya penelitian yang semakin rendah, semakin banyak pengembang yang berani memulai penelitiannya sendiri. Selain itu, banyak pula pengembang teknologi yang memberikan perangkat gratis untuk melakukan tes pada produk robotic.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!