Skip to content

Gugatan Dan Pujian Untuk Biometrik

Gugatan Dan Pujian Untuk Biometrik – Semua orang memiliki hak privasi, namun pada saat yang bersamaan, pemerintah juga harus memiliki akses ke hal hal privasi tersebut. Cara lama yang digunakan untuk menjaga privasi adalah dengan membuat “nama pengguna” dan “kata kunci”. Perkembangan teknologi memberikan solusi yang cukup menarik, tapi apakah pilihan ini adalah jalan keluar yang baik?
– Perkembangan Biometrik
Pada dasarnya, biometrik adalah pengukuran yang didasarkan pada karakteristik fisik. Manusia memiliki bentuk wajah, iris dan sidik jari yang berbeda beda. Hal ini juga berlaku pada saudara kembar. Tak hanya itu, bentuk telinga, cara duduk dan berjalan, bahkan aroma tubuh juga berbeda.

Dengan dasar diatas, Biometrik dianggap menjadi solusi terbaik untuk menggantikan penggunaan kata kunci dan nama akun. Seperti sudah diketahui, kata kunci dan nama akun sering bocor. Dan biasanya akun dan password permainan member agen bola sering diketahui dan digunakan orang lain sehingga Biometrik ini sangat berguna untuk mengatasi semua masalah yang dihadapi oleh para member.

Bentuk awal penggunaan Biometrik adalah pemindaian sidik jari. Kemudian, pengembangannya membuat Biometrik mampu mengenali suara, Citibank menggunakan pendeteksi suara dan Halifax menggunakan pendeteksi debaran jantung.

Verifikasi akses lain yang dipasangkan dengan Biometrik adalah e-passport. Di dalam e passport, terdapat sebuah kepingan yang menyimpan data wajah, sidik jari, dan iris mata. Ada pula teknologi pengamanan untuk mencegah peretas.

– Pujian Untuk Biometrik
Salah satu alasan untuk menggunakan teknologi Biometrik adalah kemudahan dan tingkat efektifitas yang tinggi. Bayangkan waktu yang dapat dihemat ketika orang tak perlu lagi mengetikkan kata kunci dan cukup meletakkan jari atau wajahnya pada alat pemindai. Sistem pendataan akan sangat cepat dan akurat.

Beberapa negara telah mengembangkan teknologi Biometrik untuk memecahkan masalah yang mereka alami. Sebagai contoh, Dubai akan memasang 60 kamera di sebuah terowongan untuk mengambil foto penumpang yang keluar dan masuk ke bandara. Ada pula negara yang mengembangkan pemindai retina dari jarak 10 meter. Rencananya, alat ini dipasang di keramaian.

– Gugatan Untuk Biometrik
Penggunaan Biometrik juga memiliki beberapa kelemahan fatal. Salah satunya adalah peretasan data pribadi. Ketika menggunakan kata kunci, pengguna dapat menggantinya jika ada usaha peretasan. Lain halnya dengan Biometrik yang menggunakan fitur wajah.karakteristik wajah dan tubuh akan tetap bertahan selamanya.

Beberapa pengembang alat pemindai sidik jari harus menerima kenyataan bahwa alat yang mereka buat dapat diretas dengan sidik jari buatan. Proses pembuatan sidik jari palsu ini pun tak lama, hanya 40 menit dan berbiaya sekitar $10.

Peretasan data besar besaran pernah terjadi di tahun 2015 di Kantor Managemen Personil Amerika Serikat. Peretas bisa memalsukan sidik jari 5.6 juta pekerja pemerintah.

Akses untuk data pribadi adalah satu hal yang cukup krusial. Mengingat sistem pendataan telah dipusatkan pada satu database besar, berhasil membuka pintu depan berarti memberikan akses ke semua data lainnya. Penggunaan bimetrik sejauh ini adalah solusi paling efektif, Namun perlu ada peningkatan kualitas guna menekan angka peretasan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!