Skip to content

Trend IoT 2019

Trend IoT 2019 – Dengan meningkatnya penggunaan IoT di dunia, akan terjadi beberapa perubahan menarik dalam beberapa tahun ke depan. Seperti yang sudah bisa ditebak, IoT akan menjadi motor penggerak perubahan ini. Meski dahulu sempat diawali dengan peningkatan yang cukup lambat, kebutuhan pengelolaan data membuatnya berkembang pesat dan bahkan mendorong perubahan.

– Pengamanan Data
Rasanya tidak berlebihan jika keamanan data member adalah prioritas utama dalam hal pengolahan informasi. Koneksi antar alat memungkinkan akses informasi permainan judi bola. Padahal, keamanan data pengguna ini krusial untuk semua bidang, dari transaksi bank secara online.

Sudah banyak teknologi yang diciptakan untuk mempermudah pengolahan data, tapi tak semuanya terjamin keamanannya. Sudah banyak yang menyebabkan kebocoran. Akun bank online digunakan orang lain dan banyak kasus lainnya. Ini adalah tantangan yang harus dipecahkan oleh pengembang IoT.

Tren yang sedang berkembang di dunia IoT menunjukkan proses pembuatan pengaman data. Para peneliti dan pengembang berusaha sekuat tenaga untuk membuat sistem keamanan IoT. Tak hanya para peneliti, perusahaan IoT juga ikut merancang sistem keamanan yang cukup memadai. Jika usaha ini berhasil, maka tidak hal ini akan menjadi terobosan baru dalam dunia IoT.

– Pengelolaan Data
Sekilas, pengelolaan data yang sudah berjalan terlihat baik baik saja. Namun demikian, ada beberapa titik lemah yang harus diperhatikan. IoT mungkin saja dianggap sebagai pengumpul dan pengelola data, namun ternyata yang diharapkan lebih dari itu. Besarnya data yang terkumpul memerlukan bantuan alat yang cukup kuat pula. Tanpanya, pengelolaan data akan berjalan lambat.

Ada banyak sekali aplikasi dan alat yang bisa digunakan untuk menganalisis dan mengelola data. Peneliti harus melihat mana saja aplikasi atau alat yang paling memungkinkan. Pada akhirnya, pengelolaan data ini akan melahirkan kombinasi yang sudah lama ditunggu: Kecerdasan Buatan (AI) dan IoT. Setelah peluncurannya, banyak hal yang akan berubah.

– Komputasi Cloud
Meskipun terlihat sangat hebat, IoT pada dasarnya hanya mengijinkan komunikasi antar alat dengan bantuan internet. Untuk dapat mengelola data, IoT memerlukan tempat penyimpanan yang memadai dan juga sistem analisis data. Produk akhir IoT diharapkan mampu memberikan informasi tepat waktu dan akurat.

Bekerja dengan internet memiliki banyak kelemahan. Salah satu yang paling utama adalah resiko peretasan. Oleh karena itu, pengembang lebih mengarahkan perhatian mereka kepada komputasi cloud yang lebih aman dan tepat. Selain menyimpan data, cloud juga akan mengelola dan mengambil tindakan sesuai perintah yang diberikan.

Kombinasi tepat ini akan membuat IoT naik ke tingkatan yang lebih tinggi. Bukan hanya sekedar jembatan komunikasi antar alat, IoT juga mampu memberikan respon yang diinginkan pengguna.

Jika IoT mampu membawa perubahan, artinya ia mendukung banyak pihak sekaligus. Dalam hal ini, semua perusahaan akan diuntungkan dengan proses pengelolaan data yang lebih singkat, cepat dan sesuai pasar. Untungnya, segala perubahan yang diprediksi akan terjadi membantu IoT untuk menyimpan dan mengelola data lebih baik.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!